Celotehan Hangat..

Foto saya
bandung, jawa barat, Indonesia
"SEDIKIT UANG TAPI LEBIH NENDANG.," (PROMOSI YANG EFEKTIF) Semakin ketatnya persaingan dunia usaha saat ini, sehingga diperlukan strategi dan usaha yang lebih dalam upaya memenangkan persaingan, serta dalam upaya lebih memantapkan dan mempertahankan BRAND Product atau Jasa sebagai product/jasa leader dari produk/jasa sejenis. Untuk itu kami hadir .. untuk membantu promosi perusahaan anda.. lewat media komunikasi visual yang crative.. yang kami hadirkan bukan hanya sebatas visual .. namun sebuah komunikasi yang efektif. yang membuat brand anda semakin terpublikasi dengan baik dan tepat sasaran.. banyak orang tidak mengatahui promosi yang baik,sesuai segment dan dapat merubah persepsi seseorang bila melihat/membacanya.. ter infus dengan harga murah.. banyak yang asal-asalan membuat aplikasi media dan desain oleh tukang setting .. padahal sungguh sayang uang yang mereka hamburkan yang tadinya untuk berpromosi namun tidak tepat sasarannya.. dan itu mereka tidak sadari.. ..untuk itu.. "SEDIKIT UANG TAPI LEBIH NENDANG" itulah kami .. mengerti konsumen saat ini bukan kemarin..

Sabtu, 21 Februari 2009

definisi promosi

DEFINISI PROMOSI

Pada tulisan kali ini saya coba menggabungkan beberapa pengertian mengenai promosi yang menyangkut juga dengan berkembang dan terpublikasinya sebuah brand.

pembahasan secara ringkas mengenai promosi atau yang sering disingkat dengan promo yang sudah pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan dilakukannya kegiatan promosi perusahaan mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan dan keuntungan. dengan adanya promosi yang terarah dengan sendirinya peningkatan brand perusahaan dapat terpublikasi dengan baik . promosi bukan untuk menghasilkan uang namun bisa di jadikan sebagai faktor pendukung kemajuan perusahaan yang intinya dengan brand dapat menghipnotis audience yang berakhir pada penggunaan barang atau jasa,dan tentunya saja dapat meningkatkan omset perusahaan.

Mulai dari tukang sayur, tukang gorengan, tukang bakmi, tukang obat, dll sampai yang level kakap seperti hipermarket, agen, showroom, factory outlet, departemen store, dsb sering memberikan promo kepada para pelanggannya untuk mendapatkan loyalitas konsumen yang sudah ada serta mendapatkan konsumen baru.

Beberapa contoh-contoh promosi / promo dalam keseharian kita :
- Kirim 1 sms dapat 5 sms ke sesama operator
- Beli satu bungkus cukuran kumis dapat satu gratis
- Beli 3 barang Rp. 10.000,- beli satu barang Rp. 4.000,-
- Diskon 70% untuk produk pakaian tertentu di department store
- Beli paket fast food di sore hari dapat harga khusus
- Pasang iklan di tv dan radio agar banyak orang tahu produk perusahaan

A. Arti Definisi / Pengertian Promosi

Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

B. Tujuan Promosi

1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

C. Promotional Mix / Bauran Promosi

Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :

1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.

BAGAIMANA SEBUAH PROMOSI DAPAT MEMPERKUAT BRAND?

BAGAIMANA MEMBUAT PROMOSI TETAP MAKSIMAL DENGAN BUDGET YANG MINIM?

kita akan membahasnya pada episode selanjutnya.

SUMBER: ADI PRAWIRA DESIGN JUGA KOMUNITAS DAN PERPUSTAKAAN ONLINE INDONESIA



3 komentar:

ENDRO STUDIO mengatakan...

Coba Anda klik www.revolusicetakplastik.blogspot.com
Materinya, bakan Anda butuhkan suatu kali nanti. Hubungu saya bila membutuhkannya.

Anonim mengatakan...

sangat bagus mass .. saya butuhh buat T.a saya.. apalagi sangkut pautnya dengan promosi .. karena saya di ruang lingkup DKV.. dan sekarang saya sedang mengerjakan T.A tentang Travel..(promosi)
mohon bantuannya..
liadi_orange@yahoo.com

Anonim mengatakan...

sukses mas adi..

tonny..
hhe