DEFINISI PROMOSI
Pada tulisan kali ini saya coba menggabungkan beberapa pengertian mengenai promosi yang menyangkut juga dengan berkembang dan terpublikasinya sebuah brand.
pembahasan secara ringkas mengenai promosi atau yang sering disingkat dengan promo yang sudah pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan dilakukannya kegiatan promosi perusahaan mengharapkan adanya peningkatan angka penjualan dan keuntungan. dengan adanya promosi yang terarah dengan sendirinya peningkatan brand perusahaan dapat terpublikasi dengan baik . promosi bukan untuk menghasilkan uang namun bisa di jadikan sebagai faktor pendukung kemajuan perusahaan yang intinya dengan brand dapat menghipnotis audience yang berakhir pada penggunaan barang atau jasa,dan tentunya saja dapat meningkatkan omset perusahaan.
Mulai dari tukang sayur, tukang gorengan, tukang bakmi, tukang obat, dll sampai yang level kakap seperti hipermarket, agen, showroom, factory outlet, departemen store, dsb sering memberikan promo kepada para pelanggannya untuk mendapatkan loyalitas konsumen yang sudah ada serta mendapatkan konsumen baru.
Beberapa contoh-contoh promosi / promo dalam keseharian kita :
- Kirim 1 sms dapat 5 sms ke sesama operator
- Beli satu bungkus cukuran kumis dapat satu gratis
- Beli 3 barang Rp. 10.000,- beli satu barang Rp. 4.000,-
- Diskon 70% untuk produk pakaian tertentu di department store
- Beli paket fast food di sore hari dapat harga khusus
- Pasang iklan di tv dan radio agar banyak orang tahu produk perusahaan
A. Arti Definisi / Pengertian Promosi
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
B. Tujuan Promosi
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
C. Promotional Mix / Bauran Promosi
Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum melakukan prmosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran promosi sebagai berikut :
1. Iklan seperti iklan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
2. Publisitas positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal-hal positif.
4. Promosi penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public relation / PR yang mengupayakan produk diterima masyarakat.
6. Personal selling / penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
BAGAIMANA SEBUAH PROMOSI DAPAT MEMPERKUAT BRAND?
BAGAIMANA MEMBUAT PROMOSI TETAP MAKSIMAL DENGAN BUDGET YANG MINIM?
kita akan membahasnya pada episode selanjutnya.
SUMBER: ADI PRAWIRA DESIGN JUGA KOMUNITAS DAN PERPUSTAKAAN ONLINE INDONESIA
3 komentar:
Coba Anda klik www.revolusicetakplastik.blogspot.com
Materinya, bakan Anda butuhkan suatu kali nanti. Hubungu saya bila membutuhkannya.
sangat bagus mass .. saya butuhh buat T.a saya.. apalagi sangkut pautnya dengan promosi .. karena saya di ruang lingkup DKV.. dan sekarang saya sedang mengerjakan T.A tentang Travel..(promosi)
mohon bantuannya..
liadi_orange@yahoo.com
sukses mas adi..
tonny..
hhe
Posting Komentar