Celotehan Hangat..

Foto saya
bandung, jawa barat, Indonesia
"SEDIKIT UANG TAPI LEBIH NENDANG.," (PROMOSI YANG EFEKTIF) Semakin ketatnya persaingan dunia usaha saat ini, sehingga diperlukan strategi dan usaha yang lebih dalam upaya memenangkan persaingan, serta dalam upaya lebih memantapkan dan mempertahankan BRAND Product atau Jasa sebagai product/jasa leader dari produk/jasa sejenis. Untuk itu kami hadir .. untuk membantu promosi perusahaan anda.. lewat media komunikasi visual yang crative.. yang kami hadirkan bukan hanya sebatas visual .. namun sebuah komunikasi yang efektif. yang membuat brand anda semakin terpublikasi dengan baik dan tepat sasaran.. banyak orang tidak mengatahui promosi yang baik,sesuai segment dan dapat merubah persepsi seseorang bila melihat/membacanya.. ter infus dengan harga murah.. banyak yang asal-asalan membuat aplikasi media dan desain oleh tukang setting .. padahal sungguh sayang uang yang mereka hamburkan yang tadinya untuk berpromosi namun tidak tepat sasarannya.. dan itu mereka tidak sadari.. ..untuk itu.. "SEDIKIT UANG TAPI LEBIH NENDANG" itulah kami .. mengerti konsumen saat ini bukan kemarin..

Minggu, 15 Februari 2009

Brand Comunication

”Brand Communication”



ingat saya ketika ada seorang mahasiswa bertanya pada saya .. "Mas Adi Apa sih yang dimaksud dengan Brand.. kata teman saya Mahluk.. mahluk apa sihh mas.. apa mahluk itubernama brand Brand" saya menjawab.. iya brand itu adalah mahluk tapi mahluk disini bukan mahluk hidup seperti manusia.. namun sebuah mahluk yang di ciptakan untuk memperkuat positioning sebuah perusahaan.. dan untuk mencapai level tersebut dimana sebuah perusahaan mempunyai positioning yang tepat.. baik itu dalam internal maupun external, organ2 tubuhnya (SISTEM PERUSAHAAN) saling bekerjasama membangun jiwa raga dari mahluk ini...agar mahluk ini dapat terpublikasikan dengan baik dan mempunya jiwa dan raga yang sehat... bagaimana mahluk yang bernama brand dapat hidup sehat... banyak faktor.. tapi yang paling utama menurut mas adalah team work.. itu dulu selanjutnya ke faktor2 lainnya ... setidaknya seperti itu yang saya bahas.. semestinya masih banyak pengertian yang lebih logic.. seperti di bawahh... mungkin masih segini kemampuan saya.. ada yang punya tambahan mengenai Brand..
Pelanggan sangat paham bahwa brand merupakan cerminan dari seberapa baik kualitas dari servis dan produk. Seberapa jelas diferensiasi dan positioning-nya. Dan berakhir pada seberapa besar total value yang bisa didapatkan pelanggan, baik itu keuntungan ekonomi maupun emosional.
Oleh karena itu, saat ini brand communication menjadi sebuah solusi jitu yang harus dilakukan agar pangsa pasar produk Anda bisa meningkat signifikan. Dan tentunya, solusi ini juga perlu dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh elemen yang ada dalam perusahaan Anda.
Brand communication yang perlu dilakukan terdiri dari brand visualization dan brand activation. Brand visualitation adalah bentuk komunikasi brand melalui proses visualisasi sehingga mudah dipahami dan diingat pelanggan secara cepat. Langkah ini bertujuan menciptakan memori kuat di benak pelanggan terhadap karakter brand perusahaan Anda.

”Brand Visualization”
Setidaknya ada dua usaha yang perlu dilakukan dalam menciptakan memori brand yang kuat di benak pelanggan melalui proses visualisasi brand. Antara lain, dengan logo dan promosi melalui iklan.
Logo memegang peranan sangat penting. Salah satu kemampuan tercepat manusia dalam memahami sesuatu adalah melalui visualisasi gambar atau lambang yang diterjemahkan sebagai logo. Untuk itu, visi perusahaan akan menjadi lebih cepat dipahami melalui peranan logo ini.
Salah satu contoh sukses dari penciptaan brand melalui logo adalah BNI. Di awal tahun 2004, BNI mengubah logonya. Hal ini dilakukan dalam rangka perubahan budaya internal yang akhirnya mengarah pada peningkatan kepuasan customer.
Dengan pergantian ini, BNI berusaha mendefinisikan konsep experience the brand sebagai sebuah bisnis layanan (service business). Intinya, BNI ingin fokus pada peningkatan layanan dan kepuasan dari customer.
Lalu, penciptaan memori brand lainnya adalah melalui strategi promosi dan iklan. Strategi ini telah banyak dilakukan oleh hampir semua perusahaan besar. Karena, dengan promosi atau iklan, customer menjadi lebih cepat belajar memahami positioning dan diferensiasi perusahaan Anda.

”Brand Activation”
Selain penerapan visualisasi brand, perusahaan Anda juga perlu melakukan brand activation atau aktivasi brand yang terarah sesuai dengan segmen pasar yang akan dituju. Aktivasi brand ini bertujuan meningkatkan jumlah customer baru yang loyal terhadap perusahaan Anda melalui penciptaan brand yang kuat, tentunya dengan menghadirkan keterlibatan customer.
Untuk mewujudkannya, bisa dilakukan public relation dan penyelenggaraan beragam event yang langsung melibatkan customer. Artinya, ada interaksi dua arah yang intensif antara customer dengan praktisi marketing di perusahaan Anda. Dengan demikian, transfer pengetahuan dan benefit dari perusahaan Anda akan berjalan sangat optimal.
Misalnya, ketika membidik target pasar sektor korporasi. Pada segmen ini, public relation memegang peranan sangat penting dalam mengomunikasikan brand perusahaan Anda secara tepat dan terarah. Bila dilakukan serius dan berhasil, karena sektor korporasi merupakan pasar yang gemuk, pangsa pasar perusahaan Anda bisa meningkat signifikan.
Salah satu contoh aktivitas nyata dari public relation ini adalah membuat komunitas yang berisikan banyak korporasi dengan kapitalisasi besar. Melalui komunitas ini, bisa dilakukan business gathering sebulan sekali yang melibatkan para pengambil keputusan di korporasi tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah membangun sebuah relasi yang mampu mentransfer informasi dan knowledge secara intensif. Pada akhirnya, bisa dihasilkan transaksi-transaksi bisnis yang nyata dan menguntungkan.
Contoh perusahaan yang sukses dan konsisten melakukan public relation adalah BCA. Lihat saja, sudah sejak lama BCA melakukan kegiatan public relation dengan membuat acara di televisi Bahkan, saat ini BCA memiliki dua program di dua stasiun televisi, Gebyar BCA di Indosiar dan Welcome to BCA.
Kedua acara tersebut dimanfaatkan BCA sebagai media komunikasi dan edukasi, sehingga akan tercipta hubungan yang kuat dengan customer-nya. Jadi, wajar saja kalau brand BCA menduduki peringkat pertama awareness (top of mind) dalam jajaran bank di Indonesia.
Selain public relation, perlu juga dilakukan berbagai kegiatan atau event. Misalnya kepada segmen pasar remaja intelektual. Segmen pasar remaja ini, yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan eksekutif muda, merupakan pasar yang cerdas yang mampu mendefinisikan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda lebih cepat. Juga, dengan kemampuan intelektualnya, segmen pasar ini akan bisa menjadi influencer atau customer yang mampu mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk bisa menjadi customer Anda berikutnya.
Contoh penerapannya adalah dengan mengadakan berbagai macam seminar, pameran, dan workshop di banyak perguruan tinggi, komunitas intelektual, dan pesantren di seluruh daerah di Indonesia.
Strategi sukses mengomunikasikan brand dengan event, misalnya seperti yang baru saja dilakukan Softex. Perusahaan ini melakukan peremajaan brand dengan mengadakan banyak event yang sesuai dengan pangsa pasar yang dituju, yakni anak muda. Kenapa? Karena sebelumnya, di benak customer, brand Softex sangat identik dengan produk yang digunakan oleh segmen pasar orang berusia paruh baya atau tua. Alhasil, seperti yang terjadi sekarang, brand Softex kembali menjadi salah satu penguasa pasar di bisnisnya setelah berhasil meningkatkan pangsa pasar di segmen pasar anak muda.
Nah, berdasarkan deskripsi analisis di atas, brand communication melalui penerapan brand visualitation dan brand activation dapat menciptakan sebuah brand image, brand identity, dan brand integrity yang kuat dalam benak customer.
Dan akhirnya, brand communication juga akan melahirkan banyak customer cerdas yang memahami ketertarikannya dan kesetiaannya terhadap brand perusahaan Anda. Selain itu, pelanggan bisa menjadi customer yang berpengaruh dan menjadi pembela bagi brand perusahaan Anda, yang diistilahkan sebagai advocated customer. n

5 komentar:

lemon_yellowdesign mengatakan...

TESTTTTT

Anonim mengatakan...

GILA KEREENN EUYYY KATA2NYA DALAMMM.. GW BUTUH BANGET DAN PENGEN BANGET TAUU TENTANG BRAND.. THANKS KANG ADI..

Anonim mengatakan...

bang,,, klo disidik-sidik kaya duta so7 yaa?? hhehe

Anonim mengatakan...

bang,,, klo disidik-sidik kaya duta so7 yaa?? hhehe


ebodh_7atic

Anonim mengatakan...

kerennn222.....
hebat euy...masih kul ilmunya ngalahin dosen, jd dosen pribadi yah... hheee


li4